Edit Link Marketplace Anda

Kontak Form, Bank dan Kurir

ONGKIR COD

Halaman

Mengapa Anda Membutuhkan Kimchi?

https://www.kimchi.my.id/2021/07/mengapa-anda-membutuhkan-kimchi.html

Mengapa Anda Membutuhkan Kimchi?

Bila Anda adalah penggemar drama dan kebudayaan Korea, Anda tentu tahu kimchi. Kimchi sudah menjadi salah satu makanan asal Korea yang sangat populer di berbagai negara, termasuk di Indonesia. Di setiap restoran Korea, kimchi merupakan makanan yang wajib ada di menu. Tapi tahukah Anda apa itu kimchi dan apakah manfaat kimchi untuk kesehatan?,

Apa Arti Kimchi?

Kimchi merupakan makanan fermentasi yang dibuat dari sayuran segar. Sayur yang paling populer sebagai bahan utama pembuatan kimchi yakni sawi putih, akan tetapi kimchi pun dapat Anda olah dari lobak maupun mentimun. Setelah selesai dicuci dan dikeringkan, sayuran tersebut dicampur dengan berbagai bumbu masak. Seperti, bawang putih, bawang bombay, garam, bubuk cabai, cuka, minyak jagung, jahe, dan juga bumbu lainnya. Karena itu, hasil kombinasi rasanya mayoritas akan menjadi asin dan pedas.

Tidak hanya bisa dinikmati secara langsung, kimchi kerap dijadikan sebagai bumbu tambahan pada hidangan yang lain. Misalnya, nasi goreng kimchi, mie kimchi, hingga sup kimchi. Makanan khas Korea ini bahkan sudah menjadikan kimchi sebagai isian atau topping makanan populer. Contohnya, panekuk, pizza, hingga burger. 

Kandungan gizi kimchi

Satu porsi kimchi sebanyak 100 gram akan mengandung:

  • 17 kalori.
  • 7 gram karbohidrat.
  • 3 gram serat
  • 3,88 gram gula
  • 39 mg kalsium
  • 485 mg sodium
  • 11,7 mg vitamin C
  • 728 IU vitamin A

Kimchi tergolong sebagai salah satu jenis makanan yang memiliki kalori yang rendah. Tidak hanya itu, sajian kimchi sama sekali tidak mengandung protein maupun lemak. Mencermati kandungan kimchi yang tampak menjanjikan tersebut, sehingga  ada berbagai manfaat kimchi bagi kesehatan yang tak terduga.

Apa Saja Manfaat Kimchi Untuk Kesehatan?

Setelah mengetahui apa itu kimchi, saatnya Anda mencermati manfaat kimchi bagi kesehatan,dan mengapa Anda membutuhkan kimchi? Kimchi dianggap sebagai salah satu makanan yang aman untuk dikonsumsi. Karena, kuman, bakteri, atau kontaminasi yang mungkin terjadi akan hilang selama proses fermentasi pada sayuran ini. 

Sehingga, Anda tidak perlu ragu untuk menyantap kimchi demi mendapatkan manfaat kimchi di bawah ini:

  1. Sebagai makanan probiotik

Proses fermentasi dalam pengolahan kimchi akan membuatnya menghasilkan bakteri asam laktat bernama Lactobacillus kimchii. Oleh karena itu, kimchi dinobatkan sebagai makanan probiotik dengan manfaat yang sejajar dengan yoghurt.

2. Melancarkan pencernaan

Salah satu manfaat kimchi yakni bisa melancarkan pencernaan. Makan kimchi secara rutin, maka akan membuat tubuh Anda mendapatkan asupan probiotik. Probiotik sangat bagus untuk mengembalikan keseimbangan mikroba dalam usus. Dengan ini, fungsi usus akan semakin baik.

 3. Meningkatkan kekebalan tubuh

Vitamin C yang terdapat pada makanan kimchi ini merupakan antioksidan alami yang diyakini bisa melindungi dan membentengi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Vitamin C ini akan membantu tubuh dalam memproduksi sejumlah protein, termasuk kolagen yang dibutuhkan agar kulit tetap kenyal dan lentur. Di samping kolagen, protein juga berperan penting dalam membentuk sekaligus menjaga ligamen, tendon, dan pembuluh darah Anda.

 4. Menjaga kesehatan mata

Vitamin A seringkali dibutuhkan untuk mencegah terjadinya gangguan mata. Salah satunya yakni degenerasi makula akibat faktor penuaan usia. Kandungan tinggi dari vitamin A, membuat kimchi mampu membantu dalam menjaga kesehatan organ penglihatan Anda.

 5. Menurunkan kadar kolesterol

Kandungan bawang putih pada kimchi, seperti allicin dan selenium, dapat menurunkan kolesterol dan juga secara tidak langsung dapat mengurangi atau mencegah risiko stroke di tubuh Anda. 

Untuk bisa mendapatkan manfaat kimchi di atas, Anda bisa membeli maupun mengolah kimchi sendiri di rumah. Hubungi kami untuk bisa menerima kimchi yang Anda inginkan ya!

 


6533081268373126050

Produk Terkait

Form Bantuan Whatsapp

Hello! Ada yang bisa dibantu?
×
0
Total Belanja
Check Out
Total Harga ( Produk)

:

:

Ongkos kirim akan muncul setelah ongkir dipilih

Total Harga ( Produk)
Biaya ongkir: dg berat ()
Total Pembayaran:

Tulis Jalan, RT/RW & Desa saja

Tulis catatan disini untuk keterangan lainnya

Tampilkan Kupon
KIRIM
Ok